Refleksi Mingguan Calon Guru Penggerak


Jurnal Refleksi Minggu ke-3

CGP Angkatan-3

Tahun 2021

Mi'rojudin

SMP Negeri 2 Sragi Kabupaten Lampung Selatan.


Refleksi Mingguan Calon Guru Penggerak

Model : 4F (Facts, Feelings, Findings, Future)

4F merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P, dengan pertanyaan sebagai berikut (disesuaikan dengan yang sedang terjadi pada saat penulisan jurnal):

1. Facts (Peristiwa): Ceritakan pengalaman Anda mengikuti pembelajaran pada minggu ini atau pada saat menerapkan aksi nyata ke dalam kelas? Apa hal baik yang saya alami dalam proses tersebut? Ceritakan juga hambatan atau kesulitan Anda selama proses pembelajaran pada minggu ini? Apa yang saya lakukan dalam mengatasi kendala tersebut? Pendidikan Guru Penggerak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan - Maret 2021

2. Feelings (Perasaan): Bagaimana perasaan Anda selama pembelajaran berlangsung? Apa yang saya rasakan ketika menerapkan aksi nyata ke dalam kelas? Ceritakan hal yang membuat Anda memiliki perasaan tersebut.

3. Findings (Pembelajaran): Pelajaran apa yang saya dapatkan dari proses ini? Apa hal baru yang saya ketahui mengenai diri saya setelah proses ini?

4. Future (Penerapan): Apa yang bisa saya lakukan dengan lebih baik jika saya melakukan hal serupa di masa depan? Apa aksi/tindakan yang akan saya lakukan setelah belajar dari peristiwa ini? 

Facts (Peristiwa):

Pengalaman yang luar biasa yang saya rasakan ketika memasuki Modul 2 ini, selain materi yang semakin banyak juga secara waktu membutuhkan waktu lebih dari biasanya. Pada modul ini saya disuguhkan dengan hal baru lainnya yaitu Pembelajaran Berdiferensiasi.

Yang semula saya pahami bahwa pembelajaran saya sudah baik mulai dari rencana sampai pada proses asesmennya ternyata dengan modul ini terkoreksi dengan sempurna, mulai dari rencana pembelajaran yang belum mengakomodasi kebutuhan pembelajaran murid sampai asesmen yang berorientasi pada materi pembelajaran secara umum, keberagaman murid dari kendala sampai kemampuannya belum terakomodasi, sehingga pada akhir pembelajaran tentu banyak mengalami kendala terkhusus pada murid.

Feelings (Perasaan):

Dalam mempelajari modul ini saya merasa senang dan ingin mempelajarinya secara mendalam karena menurt saya materi pembelajaran berdiferensiasi adalah suatu pemahaman yang sangat dibutuhkan oleh seorang guru dalam proses pembelajarannya.

Pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui LMS, Kolaborasi dengan Instruktur, Fasilitator, Pengajar Praktik, serta Calon Guru Peggerak lainnya masih dipandang perlu pendalaman lagi terkait aplikasi pembelajaran berdiferensiasi itu sendiri yang terorientasi dengan wilayah, kultur, kesiapan pembelajaran dari masing-masing sekolah tempat CGP mengajar.

Findings (Pembelajaran):

Pelajaran yang saya dapat dari proses pemahaman tentang pembelajaran berdiferensiasi sangat banyak tentunya, namun yang paling mendasar yang saya pahami ialah bahwa pembelajaran itu semestinya berdasarkan kebutuhan belajar murid.

Setelah melalui Modul ini saya merasa bahwa saya dapat mulai menerapkan proses pembelajaran berdiferensiasi di sekolah tempat saya mengajar yang merupakan hak para murid daalampembelajaran yaitu terakomodasinya kebutuhan pembelajaran mereka.

Future (Penerapan):

Dalam pembelajaran di sekolah tempat saya bertugas akan saya terapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan harapan ketika saya sudah mulai melaksanakannya maka akan menemukan dan dapat mengembangkan pemahaman tentang pembelajaran berdiferensiasi itu sendiri.

Aksi awal tentunya saya akan membuat perencanaan pembelajaran yang bersifat diferensiasi untuk saya praktikkan dalam proses pembelajaran di kelas saya mulai dari pemetaan, menemukenali, dan pengenalan kebutuhan individu murid.


Comments

Popular posts from this blog

Siapa saja yang bisa ikut tes seleksi tahap 2 PPPK

Mengenal Pemikiran Ki Hajar Dewantara Tentang Pendidikan

Aksi Nyata Modul 3.3.a.10. Aksi Nyata Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid