Tugas Modul 1.2.a.9. Koneksi Antar Materi

Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak

 

Lampung Selatan, 14 September 2021

Guru adalah di ibaratkan tukang kebun, yang merawat tumbuhnya nilai-nilai kebaikan di dalam diri murid-muridnya. Guru memiliki kesempatan untuk mengembangkan lingkungan di mana murid berproses menumbuhkan nilai-nilai dirinya tersebut. Dengan demikian, guru patut mengembangkan lingkungan yang sifatnya fisik (ekstrinsik) dan yang sifatnya psikis (intrinsik).

 

Dalam hal ini menurut saya yang perlu di kembangkan dalam diri seorang Guru ialah; Nilai Kemandirian, mandiri dalam proses pengembangan keprofesiannya, karena kebutuhannya, bukan karena tugas atau tuntutannya. Nilai Kolaboratif, dimana seorang Guru harus mampu bekerjasama dengan unsur-unsur peserta didik lainnya, lingkungan, keluarga, dan masyarakat tempat Guru tersebut berproses. Nilai Inovatif, selalu mencoba dan membuat terobosan untuk ketercapaian pendidikan yang sesuai dengan budaya lingkungannya. Nilai Reflektif, orang yang mampu merefleksikan dirinya baik bagi rekan guru lainnya, warga sekolah, dan lingkungannya. Nilai Keberpihakan bagi murid, menerapkan pembelajaran yang berpusat dan berpihak pada murid yang dalam program ini lebih dikenal dengan istilah “menghamba pada murid”.

Sebagai Guru Penggerak harus selalu dan mampu mengembangkan dirinya sesuai kebutuhan zaman dalam proses pembelajaran, agar program pembentukan pelajar pancasila dapat terwujud dengan baik.

Antara Nilai-nilai dan Peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara dapat kita lihat keterkaitannya yang sangat erat, hal ini dapat kita lihat dalam perlakuan pembelajaran yang diterapkan oleh Ki Hadjar Dewantara yang begitu humanis, melihat konsep dasar murid (manusia yang sedang tumbuh) melalui sifat dasar, kebutuhan, dan perkembangannya yang ideal. Begitu pula Nilai-nilai dan Peran dari Guru Penggerak dalam program ini yang terlihat condong untuk mengarah pada Nilai-nilai dan Peran dari Filosofi Ki Hadjar Dewantara.

Berdasarkan pada gambaran yang telah saya sampaikan pada refleksi sebelumnya membuat saya semakin yakin bahwa saya harus lebih meningkatkan kemampuan atau penguasaan dari Nilai-Nilia dan Peran Guru Penggerak agar dapat merealisasikan tujuan dari program Guru Penggerak ini.

Adapun pihak-pihak yang dapat membantu saya sesuai dengan refleksi yang telah saya buat sebelumnya adalah pihak keluarga pastinya, beberapa rekan guru yang memiliki kemauan kuat untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta para peserta didik (murid) yang tergolong pada murid yang memiliki minat belajar tinggi yang sekaligus semakin menambah semangat bagi saya untuk selalu menggali potensi diri.

Besar harapan kami sebagai Guru pendidikan di Indonesia ini dapat disejajarkan dengan pendidikan negara maju lainnya, hal tersebut tentunya tidak lepas dari dukungan pemerintah terkait serta lingkungan/masyarakat tempat tinggal para murid Indonesia yang baik pula. Semoga dengan adanya programm Guru Penggerak ini adalah salah satu jembatan untuk menuju kesana. Dengan demikian besar pula harapan kami sebagai Calon Guru Penggerak ini dapat lulus dengan baik agar dapat memberikan sumbangsih yang diharapkan kedepan.

Comments

Popular posts from this blog

Siapa saja yang bisa ikut tes seleksi tahap 2 PPPK

Mengenal Pemikiran Ki Hajar Dewantara Tentang Pendidikan

Aksi Nyata Modul 3.3.a.10. Aksi Nyata Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid