Jurnal Refleksi Minggu ke-2

 



 

Mi’rojudin, S.Pd

CGP Angkatan-3 Kelas 96.E2

SMP Negeri 2 Sragi Kabupaten Lampung Selatan

Sabtu, 28 Agustus 2021

Profile

Guru Penjas, Orkes di SMP Negeri 2 Sragi Kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung.

 

Ketua MGMP Penjas, Orkes SMP Kabupaten Lampung Selatan.

 

Organisasi Profesi

·       FGII (Pengurus Bid. Organisasi Provinsi)

·       FGII (Ketua Bid. Organisasi Kabupaten)

·       IGI (Anggota)

·       PGRI (Anggota)

 

Contact

WEBSITE:

mirojudin-t.blogspot.com

 

EMAIL:

mirojudin1@gmail.com

mirojudin05@guru.smp.belajar.id

 

Instagram : @miro_judin

Facebook : Mi’rojudin

Twitter : @miro_judin

Youtube : https://youtube.com/user/Mirojudin1

Hobbies

Olahraga

Traveling

Sport

Mancing

 

 

 

Jurnal Refleksi Minggu ke-2 

Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Salam Bahagia

Tabik Pun

 

Pada akhir minggu ke-2 dalam proses Pendidikan Guru Penggerak ini saya banyak mengalami (peristiwa), merasakan, dan pelajaran yang mulai untuk saya terapkan (pelajaran dan penerapan) banyak hal. Mulai dari memanage waktu, kondisi (perangkat dan jaringan), sampai dengan pekerjaan lainnya. Terus terang pada awal-awal pelaksanaan Pendidikan Guru Penggerak ini masih banyak kekurangan dari diri saya dalam mengikuti prosesnya. Dengan demikian ke depan saya harus bisa dan mampu lebih baik lagi dalam mengikuti proses Pendidikan Guru Penggerak ini agar maksimal pula hasil yang dapat saya dapat sampai hasil maksimal dalam penerapan ilmu-ilmu yang saya dapat nantinya.

 

Peristiwa

Lebih banyak hal-hal yang didapat, mulai dari pemahaman konsep pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara oleh pemateri yang sangat baik, diantaranya Ki Priyo Dwiarso dengan Merdeka Belajar dan Perguruan Taman Siswanya, Bapak Angga Nugraha dari SDN Layungsari 2 Kota Bogor selaku Instruktur Calon Pengajar Praktik dan visual lainnya yang saya rasakan sangat baik sekali materinya dan merupakan hal-hal baru yang saya pahami.

 

Perasaan

Mengenai perasaan saat ini tentunya sangat senang karena bisa belajar bersama guru-guru hebat sebagai calon guru penggerak angkatan-3, para pengajar praktik, pasilitator, sampai dengan instruktur. Perasaan lainnya tidak dapat dipungkiri pula yaitu saya masih merasa sedikit tergopoh-gopoh dalam penyesuaian waktu dan pekerjaan atau tugas yang harus diselesaikan, kendati demikian tentunya sudah jauh lebih baik dari minggu pertama kemarin. Hanya sedikit merasa kecewa akan kondisi pandemi sekarang ini yang akhirnya say tidak dapat langsung belajar mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah saya dapat terhadap peserta didik secara langsung dan secara maksimal pastinya.

 

Pelajaran & Penerapan

Dari semua yang telah saya alami, dan saya rasakan sejak minggu pertama hingga minggu kedua ini sangat banyak pelajaran yang saya dapatkan, diantaranya kesadaran bahwa selama ini pemahaman atau pengetahuan saya bahkan tentang profesi saya sendiri, yang hampir setiap hari diaplikasikan ternyata masih sangat sedikit, ibarat sebuah lukisan pengetahuan saya baru berupa debu yang menempel pada kanvas, yang merasa paling muka yang dilihat oleh penikmatnya, padahal saya belum atau bahkan bukanlah bagian dari karya tersebut. Dengan demikian saya merasa harus banyak belajar. Semoga dengan saya mengikuti program Pendidikan Guru Penggerak ini kedepan saya dapat memberikan manfaat bagi orang banyak. Aamiin.

 

 

Comments

Popular posts from this blog

Siapa saja yang bisa ikut tes seleksi tahap 2 PPPK

Mengenal Pemikiran Ki Hajar Dewantara Tentang Pendidikan

Aksi Nyata Modul 3.3.a.10. Aksi Nyata Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid